Rebutan Indonesia

Kelak Indonesia jadi rebutan Negara-negara Timur Tengah.” Begitu ungkapan Prof. Dr. Yus Darusman Guru Besar Universitas Siliwangi Tasikmalaya dalam sebuah dialog perkuliahan. Pernyataan yang membuat saya cenghar dari rasa kantuk luar biasa waktu itu. Pernyataan tersebut beliau sampaikan beberapa minggu sebelum heboh pernyataan kontroversi Pak Prabowo bahwa Indonesia akan bubar di tahun 2030. Gak nyambung ya… :mrgreen:

Siapapun pastinya mengakui, Indonesia memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) berlimpah yang belum sepenuhnya termanfaatkan. Entah karena faktor sumber daya manusia yang belum memadai, atau faktor lain, yang jelas hingga kini masih banyak SDA yang belum termanfaatkan dengan maksimal. Jika pun dimanfaatkan, diperkirakan SDA yang dimiliki Indonesia tidak akan habis hingga puluhan tahun kedepan.

Kenapa Negara-negara Timur Tengah?, bukan Eropa atau Amerika? Prof. Yus lebih lanjut mengatakan, kesuburan tanah Indonesia dan kekayaan SDA yang masih belum sepenuhnya digunakan, menjadikannya sebagai daya tarik tersendiri bagi negara-negara yang rendah sumber dayanya, atau lebih tepat kehabisan sumber daya alamnya. Dimasa mendatang diperkirakan Negara-negara Timur Tengah akan lebih dulu kehabisan SDA. Sehingga mereka akan saling berlomba untuk bisa menguasai negara-negara yang kaya SDA-nya, salah satunya Indonesia.

Bentuk rebutannya bagaimana? Menjajah? Menanam modal? Saya tidak mendengar penjelasan lanjutan, sepertinya sim-uing tibra waktu Prof. Yus melanjutkan materi ini. 😀

Semoga Indonesia jaya, selamanya….

Salam haneut…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *