Menkominfo vs Facebook

Beberapa hari ini media kerap memberitakan kebocoran data pengguna Facebook. Data pengguna disinyalir telah disalahgunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan politik, diantaranya untuk pemenangan pemilihan Presiden di Amerika serikat yang memenangkan Donald Trump tahun lalu. Hal ini merembet ke Negara lain, termasuk Indonesia. Jutaan data pengguna Facebook Indonesia bocor.

Fenomena bocornya data pengguna Facebook ini memicu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) untuk mengklarifikasi kebocoran data tersebut ke pihak Facebook. Bahkan Menkominfo me-wacana-kan untuk memblokir medsos buatan Mark Zuckerberg itu.

Setujukah anda Facebook di blokir? Saya sih setuju. Meski sejak 2009 hingga kini saya termasuk pengguna aktif Facebook (walau kebanyakan hanya reading), meski Facebook telah memberi manfaat sangat banyak, meski saya punya halaman (page) dengan follower ribuan padahal tanpa diiklankan, dan meski-meski yang lain hehe… Bermedsos kan juga bisa via media lain.

Alasan lain kenapa saya setuju Menkominfo memblokir Facebook karena sudah terlalu banyak pengguna Facebook yang kebablasan, banyak akun / grup / halaman penyebar ujaran kebencian, kekerasan, konten seksual, dll. Hal-hal tersebut susah dihindari, kecuali keinginan penggunanya. Facebook saat ini termasuk salah satu media sosial paling banyak digunakan di Indonesia, termasuk media favorit beberapa kalangan. Anak saya yang masih SD-pun sudah bisa membuat akun sendiri dan ber-Facebook ria. Ini juga salah satu alasan saya setuju jika Facebook diblokir. Ingat ya, membuat akun Facebook berarti memberikan data pribadi ke Facebook, artinya data kita bisa tersimpan selamanya.

Namun beranikah Menkominfo memblokir Facebook? Saya yakin tidak. Saya sangat yakin Facebook tidak akan diblokir. Jikapun diblokir, paling hanya beberapa hari, ujung-ujungnya dibuka lagi. Pemerintah kita kan sudah beberapa kali mewacanakan hal serupa. Jadi, Don’t worry.

Salam piss & salam haneut…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *