Harus Menyenangkan

Setiap kita pastinya pernah mengalami bosan, jenuh, ngantuk, atau bahkan malas dalam belajar. Paling tidak, pernah merasakannya ketika masih jadi pelajar atau mahasiswa. Ada mata pelajaran atau mata kuliah yang tidak atau kurang disenangi. Biasanya perasaan tersebut muncul karena ketidaksenangan kita terhadap yang dipelajari, bahkan mungkin merasa tidak ada manfaatnya. Akibatnya, belajar sesuka hati. Jangankan baca buku, mengerjakan tugas saja malas. Di saat lain, kita juga pernah semangat dalam belajar. Perasaan itu muncul karena kita menyenangi mata pelajaran tesebut.

Hasil dari dua pengalaman tadi pastinya berbeda. Sangat kecil kemungkinan mendapat hasil maksimal jika kita tidak menyenangi yang kita lakukan. Berbanding terbalik jika kita menyenangi yang dilakukan. Belajar atau pekerjaan apapun bisa lebih semangat. Hasilnya? Hampir dapat dipastikan jauh lebih baik.

Belajar yang menyenangkan merupakan salah satu kunci keberhasilan belajar. Yang perlu disiasati bagaimana agar belajar itu menyenangkan? Bagi guru, selain penguasaan materi, juga harus berupaya agar siswa menyenangi apa yang kita sampaikan. Selain pemilihan model, metode, strategi, dan pendekatan yang tepat, juga perlu tips-tips lain seperti: diselingi humor, ice breaking, dan yang lainnya. Bagi siswa, upayakan kita mengetahui bahwa yang dipelajari itu bermanfaat, yakinkan hati bahwa ilmu yang dipelajari itu sangat penting, rugi jika kita melewatinya, cintai pelajarannya, dan cintai gurunya hehe… Ilmu harus menyenangkan.

Ilmu itu sangat penting. Saking pentingnya, Islam mewajibkan untuk mencarinya selama hidup. Ilmu sangat penting. Untuk lebih mudah mendapatkannya harus dibuat menyenangkan dan bersahabat.

Salam sukses…

1 Komentar


  1. guru juga harus bisa jadi storry teller yg bagus dan mumpuni spy murid-muridnya betah mendengarkan dia

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *