Covid-19, Selalu ada Hikmah

Setiap kejadian pasti atas kehendak-Nya, kehendak Allah Swt. Kejadian apapun. Termasuk musibah pandemic Covid-19 yang sedang dialami makhluk Planet Bumi sekarang ini. Karenanya, pasti ada hikmah. Mari kita coba cermati apa saja sisi positifnya:

  1. Bumi semakin bersih & sehat.

Sejak beberapa tahun terakhir isu pemanasan global semakin sering dibahas. Suhu Bumi bertambah, es dikutub mencair, permukaan air laut meningkat, polusi udara, perusakan hutan, laut  dan sungai tercemar, lapisan ozon menipis, dll., menjadi isu populer yang terus dicari solusinya. Hasilnya? Belum sepenuhnya berhasil, bahkan cenderung gagal karena kenyataannya permasalahan-permasalahan tersebut semakin bertambah. Kini, sejak Covid-19 merebak, sejak sebagian penghuni planet Bumi (manusia) di-lockdown, permasalahan-permasalahan tersebut mulai teratasi, meski belum sepenuhnya. Polusi udara berkurang, beberapa tumbuhan & hewan kembali menemukan habitatnya. Contohnya pegunungan Himalaya yang kembali terlihat dari India setelah 30 Tahun.

  • Family quality time

Waktu kumpul dengan keluarga semakin banyak. Meski tiap hari bisa berkumpul dengan anak istri, saya termasuk yang jarang berkumpul lama, jarang berbicara dari hati ke hati, terutama dengan anak yang sekarang sudah kelas 8. Bekerja dan belajar dirumah menjadikan kami lebih sering berinteraksi, bahkan tiap hari.

  • Lebih hemat?

“gara-gara cicing wae di imah atau lockdown, bedak dan lipstick awet” itu celotehan istri, tapi benarkah pengeluaran lebih hemat? Ya…, minimal hemat alat kecantikan, karena pengeluaran lain mah tetap we banyak bahkan meningkat.

  • Pendidikan daring

Wabah Covid-19 memaksa kita untuk melakukan aktivitas apapun di rumah, termasuk bekerja – Work from Home (WFH) – dan belajar. Pembelajaran online yang sebelumnya sangat jarang dilakukan sekarang full online. Jika sebelumnya hanya main game online, sekarang dipaksa sepenuhnya e-learning. Guru pun demikian, jika sebelumnya ada yang antipati, sekarang wayahna harus e-learning. Guru & siswa sama-sama belajar, belajar mengoperasikan e-learning. :mrgreen:

  • De-el-el

Masih banyak pastinya hikmah atau hal positif lain dibalik wabah Cep Covid019: jalanan lebih lengang, lebih peduli sesama, peduli kebersihan & kesehatan, banyak nyantuy, de-el-el.

Keep smile, tetap bersyukur. Semoga Covid-19 segera musnah. Salam haneut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *